virus !!!!Lagi-lagi waspada adalah satu kunci paling pas untuk melawan maraknya virus-virus yang dikirim via online ke dalam perangkat teknologi informasi yang kita miliki. Saat ini, flashdisk merupakan media paling mudah untuk persebaran virus. Namun, tren nampaknya akan segera bergeser. Bagi mereka yang suka men-download video online dari internet, waspadalah mulai dari saat ini juga. Hal ini diungkap oleh Georgia Tech Information Security Center.

Ancaman virus ini diungkap oleh lebih dari 300 sarjana dan ahli keamanan dari seluruh dunia. Diskusi ini membahas berbagai ancaman berbahaya di tahun 2008 dan tindakan perlawanan yang akan mereka lakukan. Forum tersebut memang rutin diadakan untuk mendahului ancaman yang akan datang, bukan untuk mengatasi setelah terjadi. Sebab, bukan rahasia lagi, kalau virus sering muncul lebih cepat dari antivirusnya.

Mustaque Ahamad, direktur Georgia Tech center, mengatakan bahwa forum itu berusaha membuat standar yang lebih ketat dan membuat program yang dapat menganalisis kode jahat. Karena itu, ketika para penyebar virus berusaha mencari ”media” penyebaran, mereka pun berusaha mengantisipasi. Salah satu ”media” yang diprediksi akan dimanfaatkan adalah video online. Saat ini, meski belum banyak, program jahat sudah mulai memanfaatkan video online. Pada November 2006, misalnya, diketahui adanya worm yang serta-merta membuka situs berisi program jahat saat korbannya memainkan file video tertentu. Metode lain yang dilakukan adalah membuat hyperlink yang seolah-olah mengarah ke situs berbagi video YouTube.